Jangan Remehkan Tidur: Tips Cepat Tidur untuk Mahasiswa

sleeping childDari buletinnya mbak Sita di Friendster @ 12 April 2008

Tips agar cepat tidur untuk mahasiswa….

Agak lucu juga kenapa ada tips seperti ini tapi seperti yg kita tahu klo mahasiswa sering sekali tidur larut malam meskpun tanpa alasan yang jelas.

1. Baca buku sebelum tidur : Hal ini dapat membuat mata cepat lelah dan kemudian “minta” untuk “ditutup” segera,bukan apa2. hal ini apabila dilakukan dapat membawa 2 keuntungan sekaligus yaitu selain kita cepat tidur kita juga dapat menambah wawasan setiap harinya,terutama jika dilakukan setiap hari sebelum tidur malam. Selain itu posisi membaca juga mempengaruhi.

2. Minum susu/air hangat : Berdasarkan survey,hal ini dapat membawa rasa rileks pd tubuh sehingga kemudian terasa nyaman untuk diistirahatkan.

3. Jangan makan berlebih sebelum tidur : Bukan apa2,,hali ini akan membuat tubuh semakin berat bekerja karena harus mencarna dahulu padahal saat tidur adalah waktunya tubuh untuk beistirahat. Makan berlebihan juga dapat membuat orang merasa tidak nyaman,apalagi dalam posisi tidur. Selain itu,sebenarnya makan yg terakhir itu sebaiknya dilakukan sebelum maghrib seperti yg dilakukan para sahabat rasul,karena itulah mereka jarang terkena penyakit dan porsinya diatur seperlunya saja.

4. Hindari aktivitas berlebihan sebelum tidur : Aktivitas berat2 yg umumnya dapat mengeluarkan keringat berlebih dapat memberikan efek susah tidur karena setelah kita bergerak, tiba2 saja tubuh diperintahkan untuk istirahat pdhl perlu jeda waktu untuk itu. Selain itu pakaian yang basah terkena keringat juga dapat memberi efek tidak nyaman bagi pemakainya,apalagi dalam posisi tidur.

5. Lakukan hal yg menyenangkan sebelum tidur : Lakukan hal2 yang menurut anda
menarik dan dapat menimbulkan rasa senang, misal smsan dengan pacar sebelum
tidur ๐Ÿ™‚

6. Berdoa sebelum tidur : Yang terakhir ini lebih sekedar sugesti namun berdasarkan kepercayaan penulis,hal ini cukup efektif karena dapat memberikan ketenangan batin.

Tips agar cepat bangun tidur untuk mahasiswa…

Tips ini lumayan ampuh untuk mencegah bangun kesiangan sehingga bisa telatkulia,apalagi anak kost ๐Ÿ™‚

1. Biasakan tidur tepat waktu : Ini hal yg cukup sulit untuk mahasiswa karena “tugas2” yg dapat mengganggu itu semua. Tapi sebetulnya di dalam tubuh kita ada semacam kemampuan (baca: jam biologis) yg dapat membantu kita untuk segera bangun tanpa bantuan apapun sehingga jika kita latih ritme ini dengan keteraturan dalam beristirahat maka hasilnya akan lebih baik daripada sepuluh jam weker sekalipun. Sebaiknya untuk mahasiswa
tidak perlu tidur malam jika memang tidak perlu.

2. Gunakan alarm : alarm yang sering digunakan biasanya adalah HP. Namun peletakkan yg salah dapat mengurangi keampuhanya. Misal,smsan dulu dengan pacar sebelum tidur sehingga HP diletakkan di kasur. Dan saat berbunyi tentu suara dan getarannya tidak terlalu
terasa karena diletakkan dipermukaan empuk(kasur) yang dapat meredam keduanya.

3. Posisi menentukan : Tidur dengan posisi yang nyaman menurut kita, kita dapat menikmati istirahat kita dan bangun dengan keadaan fit.

4. Berdoa saat bangun tidur : Lagi2 yg terakhir ini lebih sekedar sugesti namun berdasarkan kepercayaan penulis,hal ini cukup efektif karena dapat memberikan ketenangan batin. Kita memang perlu untuk terus mengingatNya dalam setiap hembusan nafas kita.

Blogged with the Flock Browser

Comments

One response to “Jangan Remehkan Tidur: Tips Cepat Tidur untuk Mahasiswa”

  1. hehhe…berdoa itu penting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *